Fashion business merupakan bisnis yang tidak akan
pernah mati, karena namanya gaya berbusana merupakan kebutuhan bagi setiap
wanita pada umumnya. Setiap wanita pasti mencari gaya berbusana yang pas dengan
dirinya, dan hal tersebut merupakan hal yang terus-menerus. Karena itulah,
fashion business merupakan bisnis yang bisa dikatakan bisa eksis di dalam
keadaan apapun.
Persaingan di dunia fashion memang bisa dikatakan
cukup tinggi. Bahkan terkadang tidak sedikit brand yang menjual produk yang
hampir mirip satu dengan lainnya. Namun, jika brand kita ingin terus diminati
orang, kita memang harus memiliki strategi tersendiri. Mungkin kita berpikir,
produk yang saya hasilkan bukan dari perusahaan besar seperti produk A, atau
bisa jadi kita merasa bahwa kalau kita hanya perusahaan kecil kita tidak bisa
memenangkan persaingan. Saya beritahu, hal tersebut salah besar. Mengutip quote
dari designer terkenal Giorgio Armani : “In the end, the customer doesn't
know, or care, if you are small or large as an organisation.. she or he only
focuses on the garment hanging on the rail in the store.”
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembeli hanya terfokus
pada apa yang mereka lihat. Jika produk fashion yang dihasilkan bagus, maka
mereka akan membeli apapun merknya. Namun, meskipun produk tersebut berasal
dari merk terkenal, jika produk tersebut dirasa kurang bagus atau kurang pas
bagi selera pembeli, maka ia tidak akan membelinya.
Berikut adalah strategi pemasaran untuk fashion business :
Gunakan media online
Tahun 2012 bisa dikatakan hampir semua orang tidak
akan terlepas dari dunia online, termasuk fashion. Jadi bisa dikatakan bahwa
ketika kita melaksanakan fashion business, kita tidak boleh lupa untuk
memasarkannya secara online, karena terkadang ada orang yang lebih suka membeli
produk fashion melalui pemesanan online. Hal yang harus diperhatikan di dalam
pemesanan online adalah jangan sampai barang yang tiba di tangan pembeli
berbeda dengan apa yang telah kita foto untuk dipasarkan di online. Hal
tersebut bisa membuat pembeli tidak mau lagi untuk membeli produk fashion yang
kita hasilkan. Pemasaran online bisa berasal dari periklanan di media yang
banyak membahas mengenai fashion dan juga memiliki web atau blog pribadi untuk memasarkan
produk fashion yang kita hasilkan.
Kualitas produk dan pelayanan harus yang terbaik yang
dapat diberikan
Kualitas produk dan pelayanan tetap merupakan hal yang
harus diperhatikan, karena meskipun merk kita tidak dikenal luas, jika produk
fashion kita memiliki kualitas dan pelayanan yang baik, maka hal tersebut bisa
membuat pembeli mau untuk membeli produk kita bahkan memasarkannya secara word
of mouth kepada rekannya yang lain. Pemasaran secara word of mouth
merupakan pemasaran yang paling efektif, karena itu sangat penting untuk
memperhatikan kualitas dan pelayanan di dalam bisnis fashion agar pembeli mau
untuk melakukan repeat order kepada kita.
Berikan personal touch
Personal touch merupakan hal yang tidak boleh kita
lupakan, karena tanpa personal touch, produk kita tidak akan memiliki nilai
jual yang special dibandingkan yang lain. Personal touch di dalam fashion
business memang penting, karena hal tersebut memberikan ciri khas terhadap
produk fashion kita dan hal tersebut membuat kita mampu untuk bersaing di dalam
fashion business.
Ikuti tren yang sedang in
Mengikuti tren yang sedang in memang merupakan hal
yang harus diperhatikan di dalam fashion business, karena bagaimanapun orang
seringkali lebih mencari tren yang sedang in daripada gaya fashion lainnya.
Akan tetapi, jika pembeli kita memiliki pesanan khusus, tetap hal tersebut
harus diperhatikan, karena bagaimanapun seperti yang dikatakan di poin
sebelumnya, pelayanan yang terbaik merupakan salah satu hal penting yang
diperhitungkan pembeli.
Maksimalkan periklanan dengan media yang tepat
Periklanan tetap merupakan hal yang tidak boleh
dilupakan di dalam pemasaran, tidak terkecuali dalam memasarkan produk fashion.
Orang akan selalu mengingat produk fashion kita jika hal tersebut sering ia
lihat atau dengar di media. Namun, pemasaran juga harus mencari media dengan
sasaran pembaca atau pendengar yang tepat, karena hal itu sangat menentukan
keberhasilan di dalam memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.
Sumber : http://vibizmanagement.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar